Dalit atau Paria, dikenal juga sebagai kaum tak berkasta, adalah golongan kelompok sosial terendah dalam sistem kasta di India. Kelompok sosial ini biasanya termarginalkan dalam hal apapun, termasuk dalam hal pekerjaan. Trees Under the Sun (2019) adalah film kesepuluh Biju Kumar. Film berbahasa Malayalam ini berkisah tentang keluarga kecil yang terdiri atas ayah (Idrans), ibu (Saritha Kukku), dan anak mereka yang berusia 12 tahun (Master Govardhan), yang masuk dalam golongan kaum Dalit. Mereka tinggal di pesisir laut di Kerala, negara bagian di India selatan. Sebelumnya, kehidupan mereka berjalan seperti biasa, hingga suatu ketika banjir bandang datang menghanyutkan rumah mereka dan membuat mereka harus meninggalkan kampung halaman. Mereka bersama penduduk yang terkena bencana ini pun harus mengungsi ke kota.

Di kota, mereka bergabung bersama beberapa pengungsi lainnya yang menunggu penanganan dari pemerintah setempa. Namun, beberapa hari dalam penampungan di kota membuat sang ayah ingin sekali meninggalkan kota. Bekerja serabutan ke sana kemari tak memuaskannya, apalagi difitnahnya sang ayah sehingga harus mendekam di penjara semakin menguatkan sang ayah bahwa mereka bertiga harus segera keluar dari kota dan mencari tempat tinggal baru. Berbekal dari rekomendasi seseorang, mereka akhirnya migrasi ke daerah pegunungan di Himachal Pardesh, negara bagian di India utara. Mereka akan bekerja sebagai penjaga buah apel dan menginap di sebuah rumah di pegunungan itu. Namun, mimpi yang datang beberapa kali membuat mereka merasa tidak aman.

Trees Under the Sun menyuguhkan sinematografi yang indah, beberapa kali kamera membidik pemandangan dengan teknik long shot, seperti lautan, padang sabana, hutan, dan pegunungan dalam aspect ratio yang lebar. Hal tersebut dapat menggambarkan betapa kayanya sumber daya alam di India. Sangat kontras dengan kehidupan manusia-manusia terpinggirkan yang tinggal di atasnya. Bagaimana sistem telah membuat mereka sengsara. Pekerjaan yang tak layak bagi mereka membuat mereka berupaya dalam hal menyambung hidup. Sang anak yang berjualan di pinggir jalan kerap diusir. Sang ayah yang tak melakukan apapun selalu dijadikan objek kecurigaan orang lain hanya karena dia mempunyai ciri-ciri kaum Dalit. Kesengsaran demi kesengsaraan juga tergambar dari tokoh-tokoh figuran yang juga merupakan kaum Dalit; bekerja secara kasar, diperlakukan tidak semestinya, dan sebagainya.

Gambaran alam yang indah sebagai latar dari cerita yang menyedihkan ini barangkali menjadi ajang untuk menyindir sistem, bahwa di balik keindahan alam yang tersaji, terhamparlah cerita-cerita kelam dari manusia-manusia yang tinggal di atasnya. Biju Kumar secara lantang ingin menyuarakan betapa termarjinalkannya kaum Dalit di India. Betapa sistem kasta itu dapat menghilangkan nurani. Gerbang kotak berwarna kuning yang beberapa kali muncul barangkali merupakan simbol harapan dari sang sutradara. Trees Under the Sun yang telah memenangi Golden Goblet untuk Outstanding Artistic Achievement di Shanghai International Film Festival 2019 ini akan ditayangkan di 14th Jogja-NETPAC Asian Film Festival “Revival” pada program Asian Perspectives – Features. (2019)

 

Ditulis oleh Achmad Muchtar | Disunting oleh vanis