Angie Ong dan Danny Goh sedang memperdebatkan keputusan mereka untuk meninggalkan status kewarganegaraan Singapura. Sepanjang jalan di dalam mobil menuju San Fransisco, Angie mulai berpikir tentang keputusan yang ia buat. Baginya, keputusan tersebut merupakan  keputusan yang akan mengubah seluruh kehidupannya dan Danny. Terlebih, berat baginya untuk meninggalkan negara di mana tempat ia lahir dan tumbuh besar.

Berdurasi 11 menit, cerita tentang dilema Angie dan Danny terbalut pepat dalam SIN-SFO. Penonton akan dibawa pada konflik sepasang suami istri melalui perdebatan kecil dan dialog manis yang mereka lontarkan satu sama lain. SIN-SFO merupakan film pendek karya Leon Cheo, sutradara dan penulis pemenang penghargaan ‘Drama TV Pendek Terbaik’ pada seri web People Like Us di Festival Televisi Independen 2016 (ITVFest) dan ‘Seri Drama Web Terbaik’ di Formosa Festival of International Filmmaker Awards. Leon aktif membuat film-film pendek dan telah diputar di berbagai negara, seperti Los Angeles, San Francisco, Seoul, Bangkok, Tokyo dan masih banyak lagi. 

Film ini juga telah mendapatkan penghargaan Best Short Film & Director dalam Singapore National Youth Film Awards, setelah beberapa film garapannya seperti, The Three Sisters, yang memenangkan ‘Blencong Award di perhelatan Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2012 dan film pendeknya, Nuts, menerima penghargaan terhormat untuk kompetisi YOMYOMF Interpretations 2.0 yang didirikan oleh Justin Lin.

SIN-SFO masuk dalam program Asian Perspectives – Shorts dan dapat dinikmati dalam Jogja-NETPAC Asian Film Festival ke-14. Asian Perspectives merupakan program yang menyajikan film-film yang dianggap sebagai wajah sinema Asia yang tentu saja berbeda-beda setiap tahunnya. SIN-SFO adalah salah satu film yang mewakili “wajah” sinema Asia tahun ini. (2019)

 

Ditulis oleh Dwi Atika N | Disunting oleh vanis