Dwein Baltazar mempersembahkan Sonya, seorang tokoh utama dalam Ode to Nothing, dengan getir dan pahit. Sonya ialah seorang wanita paruh baya yang hidup hanya dengan ayahnya di sebuah rumah dua lantai. Mereka menempati lantai dua rumah tersebut, sedangkan lantai dasar rumah mereka difungsikan sebagai ruangan untuk mengurus segala keperluan pemakaman. Di lantai dasar itulah dibangun bisnis rumah duka yang mengurusi segala keperluan untuk pemakaman; sebuah bisnis keluarga yang bergantung pada kematian. Seluruh benda-benda yang mengisi rumah Sonya bergaya kuno dan tertata sangat rapi; memunculkan estetika visual yang simetris. 

Hidup Sonya dan ayahnya yang konstan berubah ketika dua preman datang dini hari membawa seonggok mayat perempuan tua tanpa identitas ke rumah duka miliknya. Sonya dan ayahnya yang telah lama ditinggal mati ibunya menghidupkan lagi sosok ibu melalui sang mayat. Kehadiran mayat tersebut menumbuhkan kehangatan antara Sonya dan ayahnya yang telah lama tidak berbincang satu sama lain. Di tengah rutinitas baru Sonya, ayah, dan ibu baru mereka, datanglah satu per satu tokoh lain. Adalah Theodor, sang penagih hutang yang tiap minggu datang ke rumah Sonya mulai mengincar properti dan rumah Sonya karena ia tidak kunjung melunasi hutangnya. Selain Theodor, kehadiran Elmer, seorang penjual kembang tahu keliling, membuat Sonya jatuh cinta. Sosok ibu menjadi pendengar dan pemantik api kehangatan di antara mereka bertiga. Kehidupan mereka terasa kembali bangkit di atas kematian dan ketidakberdayaan sosok tak bernyawa yang kini menjadi anggota keluarga mereka. 

Ode to Nothing (2018) pertama kali ditayangkan di  Festival Film Internasional QCinema 2018 dan memborong penghargaan sebagai film terbaik, sinematografi terbaik, sutradara terbaik, skenario terbaik, dan aktris terbaik. Pada tahun 2019, Ode to Nothing (2019) telah mengantongi tiket mereka sebagai nominee dalam kategori best film di Karlovy Vary International Film Festival 2019 Ceko. Karya Dwein Baltazar yang berdurasi 93 menit ini berkompetisi dalam program Asian Feature: NETPAC and Geber Awards 14th Jogja-NETPAC Film Festival 2019 ‘Revival’ dan akan ditayangkan pada tanggal 20 November 2019 pukul 13:00 WIB di Studio 3 Empire XXI Yogyakarta. (2019)

 

Ditulis oleh Bonivasios Dwi | Disunting oleh vanis