Setelah membuat beberapa film pendek, kini sutradara Jeihan Angga hadir dengan film panjang perdananya; Mekah I’m Coming. Film ini menceritakan Eddy (Rizky Nazar) yang ingin cepat-cepat mempunyai gelar Haji demi bisa menikah dengan Eni (Michelle Ziudith), sebelum pacarnya itu dikawinkan dengan seorang rentenir. Eddy dan Eni sama-sama anak yatim; Eddy sudah tidak mempunyai ayah sementara Eni sudah tidak mempunyai ibu. Kemiskinan telah mendorong ayah Eni untuk mengawinkan anaknya dengan rentenir. Kemiskinan pula yang membuat hubungan Eddy dan Eni tidak direstui ayah Eni. Eddy mencoba membuktikan keseriusannya meminang Eni dengan berjanji akan mempunyai gelar Haji sebelum menikahi Eni.

Eddy pun melakukan berbagai cara untuk bisa pergi haji tahun itu juga. Sampai kemudian dia ditipu oleh agen travel yang mengiming-imingi dia untuk bisa berangkat haji secepatnya. Karena malu jika harus pulang ke kampung halaman dalam keadaan ditipu agen travel haji, Eddy tinggal sementara di kota bersama beberapa orang yang senasib karena pernah ditipu agen travel haji juga. Eddy berusaha berjuang bekerja di kota dengan harapan bisa pulang ke kampung halaman dalam keadaan sudah punya gelar Haji. Sementara itu, di kampung halamannya, ibu Eddy dan juga pacarnya, Eni, sedang harap-harap cemas menanti kabar tentang Eddy.

Sutradara Jeihan Angga berhasil mengemas isu penipuan travel haji yang pernah marak di Indonesia itu dalam film komedi yang ringan dan menyenangkan. Tak hanya menyuguhkan komedi slapstick, film ini juga memancing tawa penonton dari dialog-dialog yang dilontarkan oleh pemainnya. Kebanyakan komedi dibangun dari reaksi spontan, baik gerakan maupun respons dialog dari para pemainnya. Sebagian komedi juga dilontarkan dari kekonyolan tingkah laku pemainnya yang tidak mudah ditebak. Dengan suguhan seperti ini, dapat dipastikan film ini bakal digemari para penonton secara umum karena selain ringan, film ini juga menghibur.

Kendati ringan dan mudah dicerna, film ini tak lupa memberi sedikit sentilan terhadap penipuan yang mengatasnamakan agen travel haji, juga sentilan kepada orang-orang yang berniat haji bukan karena ibadah, melainkan untuk memperoleh tujuan tertentu. Agaknya memang melalui film ini Jeihan Angga ingin menghibur penontonnya sembari memperingatkan untuk tetap waspada dan mengajak berintrospeksi. Dengan membalut isu itu dengan komedi yang mudah diikuti oleh para penonton awam, setidaknya film ini telah berusaha untuk tidak didaktis. Selain Rizky Nazar dan Michelle Ziudith, film ini juga dimeriahkan oleh beberapa bintang, seperti Dwi Sasono, Ria Irawan, Rasyid Karim, Totos Rasiti, Jennifer Coppen, Ephy Pae Komika, Fanny Fadillah, dan Eli Sugigi. Mekah I’m Coming akan ditayangkan secara perdana di 14th Jogja-NETPAC Asian Film Festival “Revival” pada program JAFF Indonesia Screen Awards. (2019)

 

Ditulis oleh Achmad Muchtar | Disunting oleh vanis