Ada satu hal yang konsisten dalam berbagai film yang telah diproduksi B.W. Purbanegara, keberagaman. Mari kita mulai dengan Bermula Dari A (2011) yang menceritakan bagaimana dua remaja tuna netra dan tuna rungu berkomunikasi untuk menjaga satu sama lain. Selanjutnya ada Cheng Cheng Po (2007) menceritakan petualangan Han seorang anak bertenis Cina yang tidak bisa membayar SPP lalu bersama teman-temannya ia melakukan pertunjukkan Barongsai. DoReMi & You adalah karya selanjutnya yang tak lepas dari unsur keberagaman tersebut. Film yang dirilis pada pertengahan Juni tahun 2019 ini membangkitkan kenangan dan kerinduan kita akan film drama musikal seperti Petualangan Sherina (2000) namun melebur dalam keberagaman. 

B.W. Purbanegara menggaet Jujur Prananto dalam penggarapan naskah film DoReMi & You; membuat kolaborasi emas yang melahirkan film panjang yang manis, ramah, dan jujur. Film yang dapat dinikmati oleh semua umur ini menyajikan hal yang menyenangkan bahkan semenjak film dimulai. Film dibuka dengan adegan manis saat Putri (Adyla Rafa Naura Ayu), Imung (Fatih Unru), Markus (Toran Waibro), dan Anisa (Nashwa) berangkat sekolah sambil bernyanyi. Sebuah adegan yang berhasil membuat penontonnya menggoreskan senyum. Kisah persahabatan empat remaja SMP ini sengaja diangkat oleh B.W. tidak jauh dengan isu keberagaman yang menjadi salah satu ciri khas karyanya. Mulai dari karakteristik per-tokoh yang ia lekatkan dari berbagai asal suku di Indonesia hingga pilihan warna-warna cerah yang konsisten pada tiap tokohnya. 

Konflik film ini dimulai saat Markus yang dipercayai sebagai bendahara kelompok paduan suara tidak sengaja menghanyutkan uang iuran yang ia simpan di jaketnya. Jaket tersebut hanyut di sungai saat mereka berempat sedang asyik berswafoto. Untuk mengganti uang iuran jaket yang secara tidak sengaja mereka hilangkan, Putri menyarankan agar mereka mengikuti kompetisi bernyanyi ‘Doremi and You’ dengan hadiah berupa uang 10 juta.  Tidak lengkap rasanya apabila sebuah film tentang persahabatan tidak dibumbui dengan kisah cinta. Walau diangkat secara subtil, dalam film ini juga diceritakan kisah cinta khas remaja SMP yang malu-malu kucing antara Putri dengan Reno (Devano Danendra), anak SMA yang menjadi pelatih Putri dan sahabatnya. Konflik berlanjut ketika Putri dan sahabatnya mengetahui bahwa Reno, sosok yang mereka percaya sebagai pelatih ternyata juga mengikuti kompetisi Doremi & You.

Selain mengisahkan perjuangan Putri dan sahabatnya dalam kompetisi Doremi & You, film ini juga menyuguhkan konflik-konflik personal yang dihadapi tiap tokoh di dalam keluarga mereka masing-masing. Uniknya, porsi kehadiran tiap tokoh dalam film ini berhasil dibagi secara merata oleh B.W. Purbanegara.  

Pada tahun ini film Doremi & You berhasil masuk dalam daftar pendek pilihan tim kurator Piala Citra Festival Film Indonesia 2019 di Kategori Film Panjang. Setelah sukses menyabet gelar juara pada program Light Of Asia pada gelaran Jogja-NETPAC Asian Film Festival pada tahun 2011 melalui filmnya yang berjudul Bermula Dari A (2011), pada gelaran Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2019 ‘Revival’, B.W. Purbanegara memboyong film barunya, Doremi & You untuk berkompetisi dalam program JAFF Indonesian Screen Awards. Jangan lewatkan hangatnya persahabatan Putri, Imung, Markus, dan Anisa di 14th Jogja-NETPAC Asian Film Festival ‘Revival’. (2019)

 

Ditulis oleh Bonivasios Dwi | Disunting oleh vanis